Disruption Era, ISNU Kab. Malang Kaji Perkembangan Startup Digital

0
272
ISNU Kabupaten Malang

isnukabmalang.com – Pengurus ISNU Kabupaten Malang bahas perkembangan startup era digital hari ini. Bertempat di kediaman M. Ahsan di Genengan Pakisaji, Kyai Abdullah SAM, Ketua ISNU Kab. Malang tekankan pentingnya ISNU ikut berperan di dalamnya, Selasa (30/7/2019).

Tak bisa dipungkiri, pengaruh teknologi telah masuk dalam kehidupan manusia di abad 21 ini. Dari hal itu munculah fenomena yang dinamakan dengan disruption era. Perubahannya sangat cepat, fundamental dan merubah pola tatanan lama serta menciptakan tatanan baru.

Perubahan yang terjadi begitu luas mulai dari dunia bisnis, perbankan, transportasi, sosial masyarakat, hingga pendidikan. Era disrupsi menuntut kita untuk berubah atau punah.

Presiden RI, Joko Widodo pernah mengatakan, saat sekarang ini dibutuhkan generasi yang mau bekerja keras, berani, inovatif dan bermimpi besar. “Apabila tidak maka kita akan semakim tertinggal”, katanya seperti dilansir di bisnis.com.

Menyikapi hal tersebut, di tadarus program rutin tiap Selasa malam ini (kemarin, red), Ketua PC ISNU ingin segera mewujudkan lahirnya startup ciptaan sarjana Nahdlatul Ulama Kabupaten Malang. Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin ini bertekad segera melaunching ISNU TV dan Radio ISNU di bulan Agustus mendatang.

Untuk itu, pekan depan ISNU Kabupaten Malang akan menguji coba live ISNU TV perdana. “Sehingga dari sini nanti ada nilai dakwah yang bisa disampaikan”, sambung sosok yang dijuluki Kyai Sableng ini.

“Pengurus nanti dapat membuat vlog tematik yang dapat menginspirasi khalayak luas”, imbuhnya.

Tak hanya itu, berbicara start up juga menyinggung tentang Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI). Farid, Ketua PAC ISNU Bululawang ungkap percepatan peradaban yang terjadi sekarang.

Mengutip dari republika.co.id., AI adalah mesin kecerdasan buatan yang dirancang untuk melakukan pekerjaan yang spesifik dalam membantu keseharian manusia. Di bidang pendidikan, kecerdasan buatan diklaim dapat membantu pembelajaran.

Baca juga: Bentuk Kepengurusan, PAC ISNU Kecamatan Bantur Gelar Konferensi

AI mampu melakukan pencarian informasi yang diinginkan sekaligus menyajikannya dengan cepat, akurat, dan interaktif.

Selain itu, ada istilah MOOC (Massive Open Online Course). MOOC adalah inovasi pembelajaran daring yang dirancang terbuka, dapat saling berbagi dan saling terhubung atau berjejaring satu sama lain.

M. Ahsan, pengurus ISNU Kabupaten Malang dan selaku praktisi di bidang ini membenarkan perubahan model pendidikan saat ini. Di tempatnya mengajar di SMAN 1 Kepanjen, ada program kelas jauh yang 80% pembelajarannya adalah online.

Dari sini, PC ISNU tertarik untuk melakukan studi banding untuk dapat mengembangkannya. “ISNU sebagai laboratorium NU harus terus menggali potensi dan perubahan, apalagi di era serba digital ini”, jelas Abdullah.

Diskusi hangat tersebut diikuti oleh belasan pengurus. Obrolan berlanjut hingga dini hari dengan penyampaian progres program-program ISNU yang telah dilaksanakan. (pra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here