Darurat Banjir, ISNU Kab. Malang Kirim Surat Terbuka Kepada Presiden Jokowi

0
15
Darurat Banjir, ISNU Kab. Malang Kirim Surat Terbuka Kepada Presiden Jokowi

Kepada Yth. Presiden Republik Indonesia
Bpk. Ir. H. Joko Widodo

Di –
Tempat

Assalamualaikum wr wb.

isnukabmalang.com – Salam hormat kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Bpk. Ir. H. Joko Widodo beserta keluarga dan jajaran Kabinet Indonesia Maju. Izinkan kami, PC ISNU Kabupaten Malang mengirimkan surat terbuka kepada Bapak dalam menyikapi kondisi banjir di berbagai wilayah dan dampak lingkungan dengan datangnya musim penghujan tahun ini.

Berdasar Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim hujan di Indonesia telah dimulai sejak bulan Oktober 2020 lalu dan mencapai puncaknya pada bulan Januari dan Februari 2021. Musim hujan kali ini terdapat fenomena La Nina yang turut mempengaruhi peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

Dampak dari hal tersebut di atas sudah mulai terjadi. Di Jawa Timur, banjir terjadi di berbagai titik wilayah Surabaya, Sampang, Gresik, Magetan, Malang dan daerah-daerah lainnya. Di provinsi lainnya seperti DKI Jakarta, Aceh, Jawa Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan masih ada lagi lainnya, turut merasakan hal serupa. Ditambah lagi, menurut LIPI, Indonesia saat ini memiliki 5.590 sungai induk dan 600 di antaranya berpotensi menimbulkan banjir. Daerah rawan banjir yang mencakup sungai-sungai induk ini luasnya mencapai 1.4 juta hektar.

Berdasar data di atas, PC ISNU Kabupaten Malang menyatakan bahwa saat ini Indonesia dalam kondisi darurat banjir dan air bersih. Kami meyakini bahwa pemerintah telah melakukan langkah-langkah terbaik untuk mengantisipasi hal tersebut. Namun, tetap diperlukan mitigasi bencana yang tidak hanya dilakukan oleh pemerintah tetapi seluruh warga masyarakat Indonesia. Bersama ini, izinkan kami menyampaikan sebuah rekomendasi untuk penanganan.

PEMBUATAN SUMUR RESAPAN

Sumur resapan merupakan salah satu cara konservasi air tanah. Caranya adalah dengan membuat bangunan berupa sumur yang berfungsi memasukkan air hujan ke tanah. Secara alami, sumur resapan ini sejatinya telah berjalan di lingkungan yang masih hijau. Akan tetapi, kondisi saat ini kawasan hijau yang mulai banyak tergerus dengan berdirinya bangunan, maka berimbas pada kemampuan tanah dalam menyerap air sehingga terjadinya luapan air yang menjadikan banjir di banyak tempat.

Mempertegas hal tersebut, PC ISNU Kabupaten Malang merekomendasikan pembuatan sumur resapan di banyak titik hingga tiap rumah. Pasalnya, banyak manfaat yang ditimbulkan dari pembuatan sumur resapan ini. Diantaranya adalah:

  1. Mengurangi resiko banjir;
  2. Menambah cadangan air tanah;
  3. Mengurangi resiko kekeringan;
  4. Mencegah intrusi air laut;
  5. Mencegah penurunan lahan;
  6. Mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah dan lain sebagainya.

Sebelum ini, PC ISNU Kabupaten Malang telah membangun 100 sumur resapan yang tersebar di Kabupaten Malang. Dari beberapa desa yang telah kami uji coba seperti Desa Sumberpucung, Putukrejo, Ngadirejo dan Arjosari telah meraskan manfaat dari dibuatnya sumur resapan ini.

Walau demikian, bagi sebagian orang sumur resapan mungkin belum familier, apalagi kesadaran untuk membuatnya. Oleh karena itu, dengan tidak mengurangi rasa hormat, kami memohon Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo untuk dapat membuat surat Instruksi Presiden kepada setiap lembaga ataupun institusi negara, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan semua elemen untuk MEMBUAT SUMUR RESAPAN di lingkungannya masing-masing.

Demikian surat terbuka ini kami buat, atas perhatian Bapak Presiden Republik Indonesia kami sampaikan terima kasih.

Wallahul muwafieq ila aqwamithariq
Wassalamualaikum wr wb.

Malang, 17 Desember 2020
PC ISNU Kabupaten Malang

Abdullah SAM, S.Psi.
Ketua

Muhammad Rosid, M.Pd.
Sekretaris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here