ISNU Kabupaten Malang Kabar ISNU ISNU Kab Malang Ikuti Konfernas 1 Abad NU: 200 Guru Besar & 500 Doktor ISNU

ISNU Kab Malang Ikuti Konfernas 1 Abad NU: 200 Guru Besar & 500 Doktor ISNU

ISNU Kab Malang Ikuti Konfernas 1 Abad NU, 200 Guru Besar & 500 Doktor ISNU

isnukabmalang.com – Ketua PC ISNU Kabupaten Malang, Kiai Abdullah SAM, S.Psi., M.Pd., beserta pengurus menghadiri Konferensi Nasional dalam rangka Puncak Harlah 1 Abad NU, Senin (6/2/2023). Pada acara yang digelar di Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNUSIDA) itu, ketua didampingi oleh pengurus harian bernama Chandra dan Yogi serta Hanif dari bidang Keorganisasian dan Penguatan Jaringan ISNU Kabupaten Malang.

Kegiatan Konferensi Nasional ini digagas oleh Pengurus Pimpinan Pusat ISNU dan digelar secara hybrid. Adapun tema yang diangkat adalah ‘Membangun Peradaban untuk Kemandirian NU dan Kedaulatan Bangsa’ bersama 200 Guru Besar dan 500 Doktor ISNU.

Baca juga: Kompak! PAC ISNU Kepanjen Ikuti Kirab Panji 1 Abad NU Kabupaten Malang

Potret: Ketua PC ISNU Kabupaten Malang, Kiai Abdullah SAM, S.Psi., M.Pd., (kiri) bersama Ketua PW ISNU Jawa Timur, Prof. H. Mas’ud Said, M.M., Ph.D.

Sejumlah tokoh turut menghadiri acara. Ada Ketua Umum PP ISNU, Dr. KH. Ali Masykur Musa, M.Si., M.Hum., Ketua PW ISNU Jawa Timur, Prof. H. Mas’ud Said, M.M., Ph.D., Rektor UNUSIDA, Dr. H. Fatkul Anam, M.Si., Ketua MUI Jawa Timur dan lain sebagainya.

Bertindak sebagai narasumber adalah beberapa orang kenamaan. Diantaranya adalah (1) Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila; (2) Prof. Dr. H. Abd. Halim Soebahar, M.A., Wakil Ketua MUI Jawa Timur; (3) Prof. Dr. Ahmad Erani Yustika, Ph.D., Kepala Sekretariat Wakil Presiden RI; (4) Prof. Dr. rer, nat, Abdul Harits, M.Sc., Wakil Rekotr 1 Universitas Indonesia; (5) Prof. Dr. Komarudin, M.Si., Rektor Universitas Negeri Jakarta; (6) Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.A., Direktur Diktis Kementerian Agama RI.

Di sisi lain, ada lebih dari 500 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti konferensi tersebut baik secara luring ataupun live streaming TV9. Selama di forum, delegasi PC ISNU Kabupaten Malang bertemu dengan sahabat ISNU dari berbagai daerah seperti Lampung, Bandung, Indramayu, Demak, Banyuwangi, Situbondo dan Bangkalan. Tak hanya hadir secara luring, banyak pengurus dan anggota ISNU Kabupaten Malang yang hadir secara virtual.

Baca juga: Ketua ISNU Kab. Malang Beri Motivasi 104 ASN Disporapar Kota Malang

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Ketua Umum PP ISNU, ada poin menarik yang menjadi catatan redaksi. Dr. Ali Masykur Musa mengungkap data bahwa ISNU memiliki 634 guru besar dan lebih dari 3000 doktor. Dari data ini, menurut beliau ada potensi besar yang dapat didedikasikan ISNU untuk NU di abad kedua.

Basecamp: PC ISNU Kabupaten Malang di Posko PP, PW dan PC ISNU se-Indonesia di arena perhelatan 1 Abad NU Sidoarjo.

Dengan semakin banyak generasi muda NU, utamanya ISNU harus diarahkan untuk peningkatan skill di bidang teknokrasi berbasis IT. Selanjutnya, Kiai Ali Masykur Musa, Pengasuh Pesantren Pasulukan Al-Masykuriyyah mengatakan, kader ISNU kedepan harus memiliki sikap dan etika modern sebagai teknokrat NU.

“NU harus melakukan peningkatan kapasitas secara menyeluruh baik kelembagaan ataupun perorangan agar tidak ketinggalan oleh peradaban zaman”, tuturnya.

Baca juga: ISNU Kab. Malang Adakan Taaruf Pengurus Baru & Rakor Apel Kader NU Virtual

Pada akhirnya, ketertinggalan NU dalam bidang teknokrasi di abad ke-1 tidak terulang lagi di abad ke-2 ini. “Saatnya NU menjadi organisasi modern yang memiliki teknokrat andal dan jiwa entrepreneur sehingga NU menjadi organisasi mandiri yang tidak bisa diintervensi oleh siapapun”, harap Kiai Ali.

Selain mengikuti Konferensi Nasional di UNUSIDA, Ketua PC ISNU Kabupaten Malang bersama pengurus melakukan konsolidasi dengan delegasi ISNU se-Indonesia. Disamping pengenalan juga terdapat sharing program serta kemungkinan kerjasama di berbagai sektor. (cha)

3 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *