ISNU Kabupaten Malang Teknologi PC ISNU-SMK CB Teken MoU Sekolah Coding Pertama di Kabupaten Malang

PC ISNU-SMK CB Teken MoU Sekolah Coding Pertama di Kabupaten Malang

PC ISNU-SMK CB Teken MoU Sekolah Coding Pertama di Kabupaten Malang

isnukabmalang.com – Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PC ISNU) Kabupaten Malang melaksanakan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) sekolah coding dengan SMK Cendika Bangsa (CB) Kepanjen, Malang, Senin (3/4/2023). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program utama PC ISNU Kabupaten Malang itu sendiri yaitu big data.

Seremoni penandatanganan MoU ini berlangsung di Ruang Guru SMK CB Kepanjen. Kiai Abdullah SAM, S.Psi., M.Pd., Ketua PC ISNU Kabupaten Malang langsung meneken perjanjian kerjasama tersebut. Beliau didampingi oleh Wakil Ketua 1 bidang Organisasi dan Jaringan, Gus In’am F. Al Idrus serta Wakil Ketua 7 bidang Penelitian dan IPTEK, Agus Iqbal Hawabi. Selain itu, tampak hadir juga Sekretaris PC ISNU, Nugraha Chandra Pratama bersama perwakilan bidang-bidang.

Kepala SMK CB, Abdulloh Muthi’ S.E., menyambut baik atas MoU sekolah coding dengan PC ISNU Kabupaten Malang. Dalam sambutannya beliau berujar, dengan kerjasama ini banyak manfaatnya untuk generasi muda di Kabupaten Malang.

Baca juga: Kemitraan Bank Jatim, PC ISNU Kab Malang Buka Akses untuk Kader NU

Ketua ISNU Kab. Malang Teken MoU Sekolah Coding dengan SMK CB
Teken: Ketua PC ISNU Kabupaten Malang, Kiai Abdullah SAM (kanan) menandatangani MoU bersama Kepala SMK CB, Abdulloh Muthi’ (tengah).

“Pengembangan SDM bersama ISNU ini luar banyak fungsinya karena kita harus terus mengimbangi laju perkembangan IT dari hari ke hari. Kita siap serius dalam menjalankan program ini”, tegas Muthi’.

Dalam pernyataan yang diberikan, kepala sekolah berperawakan tinggi besar ini akan memilih siswa pilihan sejumlah 15-20 siswa beserta guru pendamping untuk ikut kelas coding ini. “Semoga bisa terus berlanjut dan berkembang”, harapnya.

Sementara itu, Ketua PC ISNU Kabupaten Malang, Kiai Abdullah SAM menyebut MoU ini istimewa karena program utama ISNU adalah big data. Dengan penguasaan data, menurut Pengasuh Rakyat Al-Amin ini seseorang bisa meraih apapun yang diinginkan.

“Belum lagi pengembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang marak dan semua itu berdasar pada coding”, kata Abdulllah.

Untuk mengawali langkah maju ini, PC ISNU memulainya dengan menggandeng sekolah bernafas ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah. Kiai Abdullah mengatakan sekolah coding ini akan menjadi starter atau virus positif di NU.

“Saya berharap SMK CB bisa menjadi ujung tombak sekolah coding rujukan”, tutur Wakil Ketua 2 STIT Ibnu Sina Malang itu.

Baca juga: Lima Perguruan Tinggi Cina MoU dengan PC ISNU Kabupaten Malang

Sambutan Ketua Yayasan Raden Rahmat di MoU Sekolah Coding
Dukung: Sambutan Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Raden Rahmat, Dr. KH. Muhammad Hanief, M.Pd., dalam seremoni MoU sekolah coding.

Dalam pelaksanaannya nanti, sekolah coding yang digagas oleh PC ISNU Kabupaten Malang ini ingin melibatkan pakar-pakar coding dari NU Online dan kampus-kampus di Indonesia. Setelah hari raya Idul Fitri, bakal diadakan Focus Group Discussion (FGD) kelas coding.

“Bersama kita mengendus ahli-ahli coding yang ada dan kita libatkan dalam program kelas khusus ini”, tambah Abdullah.

Di sisi lain, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Raden Rahmat, Dr. KH. Muhammad Hanief, M.Pd., mendukung adanya kerjasama yang terjalin antara SMK CB dan PC ISNU Kabupaten Malang. Beliau berharap MoU ini tidak hanya formalitas saja. “Semoga kelas program ini dapat berkelanjutan dan berjalan. Ini adalah awal untuk melakukan kolaborasi”, pintanya.

“Makanya saya sangat berterima kasih kalau untuk NU kami sangat total, bersama kita bisa, ayo kita bersama-sama mengembangkan visi misi yang mulia dengan tujuan lii’lai kalimatillah yang bernafaskan ahlusunnah wal jamaah an-nahdhliyah”, kata Kiai Hanief.

Lebih lagi, senada dengan gagasan big data, Kiai Hanief mengungkap bahwa kelemahan NU adalah data. Menurut beliau, kita sampai hari ini belum memiliki data yang riil tentang kader NU misalnya yang mengisi pos di pemerintahan.

“Salah satu tugas ISNU adalah ini (big data)”, katanya.

Baca juga: Ali Masykur Musa: Jangan Pertentangkan Islam dengan Negara

Ketua ISNU Kab. Malang bersama Kepala SMK CB dan Pengurus Yayasan PTI Raden Rahmat
Ramah: Diskusi ringan Ketua PC ISNU Kabupaten Malang bersama Kepala SMK CB dan Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Islam Raden Rahmat.

Selain di SMK CB, pelaksanaan kelas coding yang diinisiasi PC ISNU Kabupaten Malang ini akan diikuti beberapa sekolah lain. Di antara yang telah siap mengikuti adalah MTs Al-Khalifah Kepanjen, SMA Pengusaha Pesantren Rakyat Sumberpucung, SMP Islam Ngebruk dan SMAS Modern Al Rifa’ie.

Acara sore ini (red) diakhiri dengan doa yang disampaikan oleh Drs. H Mahmud Ghozali, M.Pd., serta dilanjutkan ramah tamah buka bersama antara pengurus PC ISNU, manajemen, dewan guru dan perwakilan murid SMK CB. (lul/cha)

3 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *