ISNU Kabupaten Malang Kabar ISNU PC ISNU Kab Malang & PPS IAI Al-Qolam Buka Kelas Khusus ISNU Beasiswa S2

PC ISNU Kab Malang & PPS IAI Al-Qolam Buka Kelas Khusus ISNU Beasiswa S2

PC ISNU Kab Malang & PPS IAI Al-Qolam Buka Kelas Khusus ISNU Beasiswa S2

isnukabmalang.com – Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PC ISNU) Kabupaten Malang bersama Program Pascasarjana (PPS) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang mempertajam kerjasama dalam bidang upgrading pengurus ISNU. Tindak lanjut ini terlaksana dalam sosialisasi yang digelar pada Meeting Room Pascasarjana IAI Al-Qolam Malang, Rabu (7/6/2023).

Pada rapat yang digelar pada pukul 13.00 itu dihadiri oleh Ketua PC ISNU Kiai Abdullah SAM, S.Psi., M.Pd., beserta Sekretaris PC ISNU, Nugraha Chandra Pratama dan jajaran wakil ketua. Ada Wakil Ketua 1 Bidang Organisasi dan Penguatan Jaringan, In’am F. Al Idrus, Wakil Ketua 3 Bidang Pendidikan dan Pengembangan Pondok Pesantren, Muhammad Arifin, Wakil Ketua 4 Bidang Pemerintah dan Otonomi Daerah, Kholid Amrullah dan Wakil Ketua 6 Bidang Infokom dan Opini Publik, Moch. Jabir.

Tak hanya itu, ada juga perwakilan Pimpinan Anak Cabang (PAC) ISNU yang ikut serta dalam pertemuan, yakni Ketua PAC ISNU Donomulyo, Miftahul Choiri. Sementara itu, dari pihak IAI Al-Qolam Malang ada Direktur Pascasarjana, Dr. KH. Abdurrahman, S.H., M.Pd., beserta Wakil Direktur, Ir. Hj. Badriyah, M.T. Beliau didampingi oleh Ketua Prodi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI), Dr. Muhammad Husni, M.Pd.I., dan segenap staf Pascasarjana IAI Al-Qolam Malang.

Pada pertemuan singkat ini, Direktur Pascasarjana IAI Al-Qolam menyampaikan rencana tindak lanjut kerjasama yang telah diteken bersama PC ISNU Kabupaten Malang pada 18 Februari 2023 silam. IAI Al-Qolam Malang bakal membuka program kelas pascasarjana khusus ISNU.

Tak sampai disitu saja, Pascasarjana IAI Al-Qolam Malang juga memberikan beasiswa kuliah S2 kepada para kader ataupun anggota ISNU yang telah mendapat rekomendasi dari PC ISNU Kabupaten Malang. “Jadi siapa saja yang nanti mendaftar dan mendapat rekom dari PC ISNU akan mendapat potongan biaya kuliah khusus sebesar Rp. 2-5 juta berdasar dari program kelas yang disepakati nanti”, kata Gus Dur.

“ISNU ini penting untuk upgrade diri”, tegas kiai yang saat ini menjadi Wakil Katib Syuriah PCNU Kabupaten Malang itu.

Baca juga: ISNU Kab Malang Gelar Sekolah Pemberdayaan Perempuan bersama Prof Mufidah

Rapat Tindak Lanjut MoU PPS IAI Al-Qolam Malang dan PC ISNU Kab Malang
Akrab: Suasana rapat tindak lanjut MoU PPS IAI Al-Qolam Malang dengan PC ISNU Kab Malang.

Dengan digelarnya pertemuan hari ini (red), Ketua PC ISNU, Kiai Abdullah SAM merespon dengan antusias. Apalagi, di periode kedua ini, PC ISNU menekankan kepada seluruh pengurus untuk meng-upgrade diri dan ini senada dengan ungkapan Direktur Pascasarjana IAI Al-Qolam.

Bahkan, sebelum diumumkan bila ada kelas khusus ISNU, saat pertemuan ini saja sudah ada 15 calon mahasiswa yang mendaftar lewat PC ISNU Kabupaten Malang. Menurut kiai yang populer dengan nama Kiai Sableng itu, jumlah tersebut masih bisa terus bertambah.

Komitmen serius PC ISNU terhadap kerjasama dengan IAI Al-Qolam tak hanya terjadi kali ini saja. Di periode sebelumnya, PC ISNU Kabupaten Malang telah merekomendasi sejumlah mahasiswa untuk kuliah S2 di IAI Al-Qolam. “Ini merupakan program yang berjalan sejak lama dan ini adalah peningkatan kerjasama”, tutur Abdullah.

ISNU harus memiliki kesadaran dan kemampuan prediktif. Misalnya, saat ini banyak peluang bagi warga NU untuk mengisi pos-pos strategis dalam bidang pendidikan, pemerintahan dan semacamnya. Namun karena banyak dari warga NU adalah alumni pondok pesantren yang alim tapi tidak bisa mengisi ruang tersebut karena terkendala formalitas ijazah.

“Hal ini bisa menjadi salah satu solusi dan kewajiban kita untuk mendorong warga NU untuk lebih baik. Memang, ISNU ini kita garap dengan cara slowly but sure (pelan tapi pasti)”, ungkapnya.

Setelah kepengurusan baru ini dilantik, para wakil ketua dan seluruh pengurus langsung bergerak sesuai treknya masing-masing. Kader perempuan membuat komunitas sendiri bernama House of Khadijah atau disebut Srikandi ISNU Kabupaten Malang yang didampingi langsung oleh Dewan Ahli PC ISNU, Prof. Dr. Hj. Mufidah Ch., M.Ag. Termasuk, pendirian PAC ISNU di Kabupaten Malang terus dilakukan.

Lagi, adanya peluang kelas khusus ISNU untuk kuliah S2 ini harus dimanfaatkan dengan baik. “Kami segera mengadakan konsolidasi dan sosialisasi kepada PAC, juga Srikandi ISNU baik secara online atau dari pintu ke pintu”, kata Ketua PC ISNU.

“Kami mengapresiasi langkah Pascasarjana IAI Al-Qolam Malang yang telah memfasilitasi ISNU dalam program khusus ini. Mudah-mudahan ini bisa digarap dengan serius”, harap Kiai Abdullah SAM.

Sebagai tambahan informasi, jurusan yang dapat dipilin untuk kelas khusus S2, kerjasama IAI Al-Qolam dan PC ISNU Kabupaten Malang adalah jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). (cha)

3 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *