ISNU Kabupaten Malang Gagas Gerakan Sumur Resapan Air

0
318
ISNU Kabupaten Malang

isnukabmalang.com – Memotret kekeringan yang melanda beberapa tempat, khususnya di Malang, PC ISNU memandang perlunya langkah solutif. Berkenaan dengan hal tersebut, Ketua ISNU Kabupaten Malang, Kyai Abdullah SAM, S.Psi., menggagas gerakan pembuatan sumur resapan di wilayah yang sering terdampak kekeringan tiap tahunnya.

Ide itu muncul saat diskusi ringan disela bakti sosial Sedekah Air Bersih yang diadakan oleh PW ISNU Jawa Timur di MI Krajan 3 Desa Putukrejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Senin kemarin (4/11/2019). Menurut Ketua ISNU yang juga pengasuh Pesantren Rakyat ini, perlu ada langkah cepat untuk mengantisipasi kekeringan, salah satunya dengan membuat sumur resapan.

“Selama ini masih banyak masyarakat yang belum memahami manfaat dari sumur resapan ini. Air hujan yang ada hanya dibiarkan mengalir tanpa ada tempat untuk menampung”, katanya.

Pria yang dijuluki Kyai Sableng ini melanjutkan, musim hujan yang akan datang sebentar lagi air hujan hendaknya dapat ditabung. “Jangan biarkan hanya mengalir ke selokan atau sungai, tetapi bisa ditampung dan ditabung dalam sumur resapan agar tidak hilang begitu saja dan dapat meresap ke dalam tanah”, pungkasnya.

Baca juga: Jihad Kemanusiaan, PW ISNU Jatim Sedekah Air Bersih di Putukrejo Malang

“Kita berharap kedepan masyarakat dapat terbangun kesadaran dalam menjaga alam dan mengurangi penggunaan sumur bor. Penggunaan sumur bor dalam memenuhi kebutuhan air dapat merusak masa depan bumi dan manusia”, jelas Abdullah.

Berkaitan dengan hal tersebut, PC ISNU Kabupaten Malang membuat pilot project sumur resapan di Desa Putukrejo dan Tumpakrejo Kecamatan Kalipare. Tak berjalan sendiri, gagasan tersebut didukung penuh oleh PW ISNU Jawa Timur, PR NU dan Ansor serta tokoh masyarakat yang ikut dalam musyawarah singkat itu.

“Jika ini bisa terwujud, saya berharap ini dapat mengedukasi masyarakat dan menjadi solusi bagi kami yang berada di tempat yang sulit air”, respon Ust. Syaimuri, Ketua Ranting NU Desa Putukrejo.

Hingga saat ini proses pembuatan sumur resapan sedang berlangsung dan diharapkan dapat launching pada 10 November 2019. “Ini adalah bentuk kampanye kemanusiaan yang mudah, murah, riil dan bermanfaat”, tutup Ketua ISNU Kabupaten Malang. (cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here