ISNU Kab. Malang Bahas Pendirian Badan Riset Profesional

0
44
ISNU Malang

isnukabmalang.com – PC ISNU Kabupaten Malang terus merutinkan tadarus program tiap Selasa malam (17/3/2020). Kemarin (red), kegiatan berlangsung di SMA Islam Diponegoro, Jl. Raya Gondowangi, Wagir.

Rutinan ini diikuti oleh pengurus ISNU di tingkatan cabang dan anak cabang Kabupaten Malang. Ada juga Kepala Desa Gondowangi yang juga pengurus bidang Pengembangan Ekonomi dan Usaha PC ISNU Kabupaten Malang.

Saur manuk yang bertempat di ruang pertemuan SMA Islam Diponegoro itu membahas pembentukan badan riset profesional di bawah naungan ISNU. Menurut Ketua PC ISNU, Kyai Abdullah SAM, S.Psi., riset adalah hal penting yang harus dilakukan oleh sarjana Nahdlatul Ulama. “Memang harus diakui kita lemah dalam riset dan pengelolaannya”, katanya.

“Badan intelijen negara, perusahaan-perusahaan besar adalah penguasa data sehingga bisa membidik apa yang diinginkan”, sambung penggagas Pesantren Rakyat ini.

Baca juga: Dorong Riset Pesantren, ISNU Kab. Malang Gandeng Pesantren Center

ISNU Malang
Riset: Kepala Desa Gondowangi tunjukkan aplikasi miliknya kepada Ketua PC ISNU Kabupaten Malang

ISNU dalam pandangan bapak tiga anak ini memiliki tugas penginderaan jarak jauh. “Dapat memiliki dan mengolah big data untuk keperluan pembangunan NU itu sendiri”, tuturnya.

Dari lemahnya kepemilikan data di era hari ini, PC ISNU Kabupaten Malang bersama pengurus dan peserta kegiatan bersepakat untuk mendirikan badan riset. PAC ISNU Pakisaji diberikan tanggung jawab sebagai koordinator untuk segera merealisasikan program tersebut.

“Kita segera membuat pilot project untuk membuat database dan dari sini bisa digunakan untuk merancang program bersama”, harap Ketua.

Sementara itu, guna menunjang pembangunan database dan riset awal ini, Danis Setya Budhi, S.Pd., Kepala Desa Gondowangi mengusulkan pembuatan aplikasi pendataan. “Aplikasi nantinya dapat mempermudah proses riset”, usul Danis seraya menunjukkan aplikasi data milik desanya. (cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here